MODERASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PENGARUH ANTARA LEVERAGE DAN MANAJEMEN LABA

  • Putri Puspita Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ida Bagus Putra Astika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Laporan keuangan merupakan salah satu sumber informasi bagi stakeholder dalam menilai kinerja manajemen perusahaan atas tanggung jawab yang sudah dilaksanakan. Manajemen laba merupakan cara yang dilakukan manajemen untuk mempengaruhi jumlah laba di laporan keuangan, sehingga membuat laporan keuangan akan baik demi kepentingan manajemen. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh leverage pada manajemen laba dan untuk mengetahui apakah good corporate governance mampu memoderasi hubungan leverage dan manajemen laba.Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2009-2013. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang terpilih adalah 43 perusahaan amatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA), terlebih dahulu dilakukan analisis faktor untuk menentukan faktor GCG. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini membuktikan bahwa leverage berpengaruh positif pada manajemen laba dan GCG mampu memperlemah pengaruh leverage pada manajemen laba.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-26
How to Cite
PUSPITA, Putri; PUTRA ASTIKA, Ida Bagus. MODERASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PENGARUH ANTARA LEVERAGE DAN MANAJEMEN LABA. E-Jurnal Akuntansi, [S.l.], v. 12, n. 3, p. 752-769, sep. 2015. ISSN 2302-8556. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/12270>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Leverage, dan Manajemen Laba

Most read articles by the same author(s)